Halo Netizen Budiman (ini mah akun tubir di Line) Netizen yang budiman , kali ini saya akan berbagi cerita tentang pengalaman sertifikasi “gratis” dari Telkomsel melalui acaranya, IndonesiaNext. Kesempatan langka itu menarik banget mengingat biaya sertifikasi sendiri bisa senilai sekitar $60-90an per exam nya. Selain itu, sertifikasi ini juga bisa menjadi nilai tambah bagi kita nih baik di bidang akademis maupun dunia kerja. Kesempatan kita dapet posisi akademik atau karir yang kita inginkan pun bertambah besar kalau kita lolos sertifikasi tersebut.

Ninety-one percent of hiring managers consider certification as part of their hiring criteria.
(MICROSOFT, MICROSOFT CERTIFICATION PROGRAM SATISFACTION STUDY, APRIL 2012)

Nah ceritanya beberapa waktu yang lalu, saya dan sekitar 1000-an mahasiswa Jogja lain mengikuti sertifikasi. Peserta yang kemudian lolos ke 200 besar berhak mengikuti sertifikasi lagi, tapi dengan exam yang berbeda. Di tahap pertama saya ambil exam MTA (Microsoft Technology Associate) : HTML5 Application Development Fundamental. Waktu itu, saya ngga begitu bingung milih karena memang saya punya basic knowledge di bidang itu. Nama exam-nya aja “Fundamental“, tapi soalnya hmm “bikin tipis mental”. Tapi Alhamdulillah, dengan pertolongan Allah dan bantuan kancing baju pas legi kepepet, saya berhasil lolos MTA ini dengan skor …… hmm yang penting lolos aja deh.

Berikutnya, di tahap 200 besar, saya awalnya mau coba peruntungan di MTA : Software Fundamentals, tapi karena mentor merekomendasikan untuk memilih MOS karena beberapa pertimbangan, jadilah saya terpengaruh. Saya pilih MOS : Powerpoint 2010 dan cuma punya waktu beberapa menit sebelum take exam untuk belajar sedikit materi yang disediakan oleh mentor. Saya pilih Powerpoint karena menurut saya itu yang paling sedikit fungsi dan fiturnya dibanding dengan Word atau Excel, jadi lebih memungkinkah saya buat lolos sertifikasi sehingga ada harapan lolos ke tahap berikutnya lagi. Jadilah saya ambil itu exam dan Alhamdulillah lagi lolos dengan skor lumayan … mepet haha. Sertifikasi kali ini saya ngga bisa mencoba peruntungan lewat kancing baju, karena memang exam nya praktik langsung menggunakan software Office. Sampai saat itu, harapan saya untuk lolos ke 20 besar masih terjaga. Di tahap 20 besar, peserta bakal berkompetisi lagi, tapi bukan melalui sertifikasi , melainkan lewat kompetisi project management. Sayangnya, 24 jam kemudian, harapan 20 besar itu menguap. Tidak ada email atau SMS masuk yang memberi kabar saya lolos ke tahap berikutnya T_T . Agak sedih memang, tapi gapapa, dapet 2 sertifikasi pun udah Alhamdulillah banget. Kalau ngga digratisin gini mah, kapan saya bisa sertifikasi. Oh iya ,FYI, untuk 3 besar di IndonesiaNext ini dapet kesempatan buat trip ke USA (kurang ajar banget kan hadiahnya).

Certificate untuk MTA : HTML5 Application Development Fundamentals

Certificate yang dicetak dari Certiport (masih ada tulisannya ONLINE COPY)

Sudah cukup cerita sedihnya ya, selanjutnya saya akan bagikan tips gimana biar para Netizen yang budiman bisa lolos sertifikasi-sertifikasi tersebut, terutama kedua sertifikasi yang sudah saya ambil di atas.